Jumat, 02 Januari 2015

kisah malaikat menangis karena Iblis dilaknat Allah SWT

Realitahijab – Sejak dulu kita kenal bahwa iblis merupakan makhluk yang jahat dan musuh bagi manusia. Begitu pula dengan iblis karena iri hati yang mendalam membuat Iblis bersumpah kepada Allah  bahwasanya akan menyesatkan anak cucu Adam agar mau jadi pengikut Iblis dan menjadi orang yang sesat.


Pernakah anda tahu bahwasanya iblis lebih dahulu diciptakan sebelum nabi Adam dengan wajah yang sangat indah dan dengan empat sayap yang gagah. Iblis adalah makhluk yang mulia di sisi Allah SWT dimana Allah menjadikan Iblis makhluk pertama yang mendapatkan taufik untuk menyembah Allah  dan dikumpulkan dengan para malaikat karena ibadah iblis yang banyak. Diantara para malaikat, Allah SWT pernah menjadikan Iblis Sayyidul malaikat (penghulu atau pemimpin malaikat), dan Khozinul Jannah (Bendahara Surga).

Dalam kitab karangan Imam Al Ghazali menyebutkan bahwanya iblis memiliki banyak nama baik pada tiap tingkat langit yaitu :
1.       Pada langit tingkat pertama iblis disebut Al-Abid yaitu Ahli Ibadah
2.       Pada langit tingkat kedua iblis disebut Az- Zahid yaitu rendah hati
3.       Pada langit tingkat ketiga iblis disebut Al-Arif yaitu Bijaksana
4.       Pada langit tingkat keempat iblis disebut Al-Wali yaitu yang Memerintah
5.       Pada langit tingkat kelima iblis disebut Al-Taqi yaitu bertakwa
6.       Pada langit tingkat keenam iblis disebut Al-Kazim yaitu penyabar
7.       Pada langit tingkat ketujuh iblis disebut Azazil yaitu terhormat


Dalam tafsir Munir dan Showi, Iblis memiliki tugas mulia dari Allah SWT, yaitu :
1.       Iblis sebagai penjaga surga selama 40.000 tahun
2.       Iblis pernah hidup bergabung bersama kelompok malaikat selama 80.000 tahun
3.       Iblis diangkat menjadi penasehat malaikat selama 20.000 tahun
4.       Iblis memimpin malaikat karobiyyun dalam waktu 30.000 tahun
5.       Iblis thowaf arasy bersama malaikat selama 14.000 tahun

Total Iblis telah beribadah kepada Allah SWT selama 185.000 tahun lebih, sholat, puasa, dan thowaf.

Iblis adalah makhluk yang saat taat beribadah, dan tidak pernah membangkang sedikit pun hingga pada suatu ketika Allah menciptakan nabi Adam sebagai manusia yang tercipta dari tanah dan Allah SWT Menyuruh Iblis untuk bersujud kepada Adam.

Sesuai surat Al kahfi ayat 50,
”Dan(Ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah Kmau kepada Adam, maka Sujudlah kecuali Iblis,. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kau mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku. Sedang mereka adalah musuhmu?amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim”.

Kemudian Iblis yang merasa memiliki derajat lebih tinggi dari manusia berkata “Adakah Engkau mengutamakannya dari pada aku, sedangkan aku lebih baik daripadanya. Engkau jadikan aku daripada api dan engkau jadikan adam daripada tanah. Kemudian Allah SWT berfirman “Aku membuat apa yang Aku kehendaki”.


Iblis tetap memandang dirinya lebih agung daripada manusia sehingga ia tetap enggan sujud kepada Manusia dan merasa bangga dan sombong. Iblis tetap dalam posisi tegak sedangkan para malaikat telah bersujud. Hingga selesai sujud dan mengangkat kepala Iblis tetap Tegak tanpa bergeming sedikitpun. Para malaikat kembali bersujud dan Iblis tetap dirasuki sifat angkuh dan sombong yang membuatnya tetap bediri tegak.

Sebagaimana tertulis dalam Surat Al Isra ayat 61,
“Dan (ingatlah), tatkala kami Berfirman kepada para malaikat: sujudlah kamu semua kepada Adam, lalu mereka sujud kecuali Iblis. Dia Berkata : apakah Aku sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari Tanah ?”.

Allah SWT seketika merubah wajah Iblis  dari wajah yang sangat Indah menjadi menyerupai babi hutan, kedua bibirnya berubah menjadi lembu, taringnya panjang seperti babi hutan dengan janggut tujuh helai. Dan Allah SWT mengusir Iblis dari surga.
Setelah diusir dari surga Iblis berkata, “ Ya Tuhanku, Engkau telah mengusirku dari surga disebabkan Adam, dan aku tidak menguasainya melainkan dengan penguasaan-Mu”.

Lalu Allah berfiman pada Iblis, “ Engkau dikuasakan atas dia, yakni atas anak cucunya, sebab para nabi adalah maksum”.

Iblis berkata lagi, ” tambahkan lagi untukku”.

Allah SWT kembali berfirman, “ tidak akan dilahirkan seorang anak baginya kecuali tentu dilahirkan untukmu dua padanya”.

Iblis berkata kembali, “tambahkan lagi untukku”.

Lalu Allah Kembali berfirman,” Dada-dada mereka adalah rumahmu, engkau berjalan disana sejalan dengan peredaran darah”.

Iblis kembali berkata,”tambahkan lagi untukku”.

Kemudian Allah kembali berfirman sebagaimana tersebut dalam surat Al Isra ayat 64,
“Dan Hasunglah Siapa yang kamu Sanggupi diantara mereka dengan ajakanmu, dan kerakanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka (QS Al Isra ayat 64).”

dengan terusirnya Iblis dari Surga membuat Malaikat Jibril dan Mikail Menangis. lalu Allah SWT berfirman kepada para Malaikat,"apakah yang membuat engkau menangis?",dan para Malaikat menjawab," Ya Allah.. tidaklah aman kami dari tipu dayamu". Allah SWT menjawab melalui Firmannya kepada para Malaikat,"Begitulah Aku, Jadilah Engkau berdua tidak aman dari tipu dayaKu"

Dari kisah ini kita dapat memetik bahwasanya hindarilah sifat iri hati dan sombong. Iblis dari Makhluk mulia dan sangat taat beribadah dapat berbalik menjadi sangat dilaknat karena sifat Iri dan Sombong.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Hijab